bisnisedia.com

Minggu, 21 April 2013

5 Negara Dengan Pencemaran Terbesar




Manusia memang sering melakukan pencemaran, entah apa yang manusia pikirkan sehingga mencemari Lingkungan tempat hidupnya sendiri, berikut saya postkan 5 Negara Dengan Pencemaran Terbesar

1. Qatar
Emisi karbon per kapita Qatar merupakan yang tertinggi di dunia. Menurut laporan Living Planet, jika setiap manusia hidup seperti orang Qatar rata-rata, maka bumi akan kehabisan sumber dayanya hampir lima kali lebih cepat dari tingkat saat ini. Karena, para warga Qatar menggunakan sumber daya dari bumi lebih banyak 50 persen dari yang dapat diambil dari bumi dalam setahun. Dengan kata lain, mereka menggunakan sumber daya setara dengan 1,5 planet bumi per tahun. Diperkirakan pada tahun 2030, mereka akan menggunakan sumber daya setara dengan 2 planet bumi setiap tahunnya.


2. Kuwait
Seperti Qatar yang berada di dekatnya, harga bahan bakar di Kuwait termasuk dari harga bahan bakar yang paling rendah di dunia. Meskipun begitu, Pendapatan Domestik Bruto negara ini tetap termasuk yang tertinggi di dunia. Rendahnya harga bahan bakar ini, ditambah dengan kurangnya infrastruktur angkutan umum, membuat penggunaan kendaraan pribadi menjadi satu-satunya cara untuk mobilitas warganya. Menurut Global Footprint Network, warga Kuwait rata-rata menggunakan sumber daya 22 kali lebih besar dari yang dapat negara mereka sediakan per orang.


3. Uni Emirat Arab

Meskipun menjadi negara pengekspor minyak terbesar keempat dunia (di belakang Arab Saudi, Rusia, dan Iran), Uni Emirat Arab secara terbuka mendorong pembaharuan dari protokol Kyoto (persetujuan antara negara-negara industri untuk mengurangi emisi), mengumumkan rencana untuk meningkatkan produksi energi terbarukan, dan bahkan meluncurkan proyek energi surya sebesar 1 gigawatt. Namun Dubai, kota berpenduduk 1,5 juta orang, dengan pusat perbelanjaan terbesar di dunia, dan sebuah resor ski indoor, saat ini mendapatkan semua kebutuhan energinya dari pembakaran gas alam, itulah sebabnya negara ini menempati urutan ketiga dalam daftar ini.

4. Denmark

Kebutuhan lahan pertanian di Denmark jauh lebih tinggi dibanding negara manapun. Karena begitu banyaknya jumlah daging yang dimakan per kapita di Denmark, negara harus mengimpor sejumlah besar gandum, yang begitu banyaknya sehingga akan mengambil 2 hektar tanah per orang, atau 2,5 kali lebih banyak tanah yang dimiliki Denmark.





5. Amerika Serikat

Jika semua orang hidup seperti orang Amerika rata-rata, produksi tahunan sumber daya bumi sudah akan habis pada akhir bulan Maret. Orang-orang Amerika lebih menyukai bepergian dengan kendaraan pribadi dibanding menggunakan angkutan umum, dan meningkatnya kebutuhan energi dan bahan bakar semakin mempertinggi emisi karbon per kapita negara ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar